Rabu, 06 Juni 2012

Pengertian Software Secara Umum dapat diartikansebagai sekumpulan data elektronik yang tersimpan dan diatur oleh komputer berupa program dan intruksi untuk menjalankan atau mengeksekusi suatu perintah.

Software adalah kumpulan instruksi yang berfungsi untuk menjalankan suatu perintah, seperti memberikan informasi tentang hardware, menentukan fungsi hardware, dan menjalankan sistem.Agar komputer dapat membaca,mengingat, membuat keputusan (membandingkan), menghitung,menyortir, dan menghasilkan keluaran berupa informasi dalam monitor atau cetakan, komputer harus dapat membaca dan memasukkan program ke dalam memori utamanya.



Software dibagi menjadi 3 yaitu :
• Firmware (BIOS)
• Sistem Operasi (Windows, Linux, Mac OS, dll)
• Software Aplikasi (Photoshop, WinAmp, WinZip, dll)

Beberapa fungsi software antara lain :
• mengatur Input atau Output (I/O) dari PC
• menyediakan dan mengatur serta memerintahkan hardware agar dapat berjalan dengan baik
• menjalankan perintah-perintah tertentu seperti menggambar, memutar musik atau film.

Software komputer dibagi menjadi dua kategori utama yaitu sistem
software dan software aplikasi. Sistem software menyajikan program yang
dapat mengijinkan hardware berjalan dengan semestinya.

Software aplikasi menyediakan program yang mengijinkan pengguna untuk melakukan sesuatu disamping menjalankan hardware.

Ada pula beberapa tipe komputer software, diantaranya :
1. Software Games Jenis software ini termasuk dalam kategori entertainment atau hiburan, software ini memiliki berbagai macam jenis.
Jenis-jenis tersebut seperti MMOs (Massive Multiplayer Online games), first-person shooters, action games, roleplaying games, and game petualangan.
2. Software Driver
Program ini mengijinkan komputer untuk dapat berinteraksi dengan perangkat hardware tambahan seperti printer,scanner, dan video cards.
3. Software Pendidikan Berbeda dengan jenis program sebelumnya,software pendidikan ini dapat mengajarkan apapun dari komputer,melakukan aktifitas yang berhubungan seperti mengetik atau berbagai macam jenis pendidikan lainnya seperti kimia.
4. Media player dan pengembangan software media lainnya
Software yang dibuat untuk dapat memainkan atau mengedit media digital seperti file music atau video.
5. Software Produktifitas Jenis software ini mengijinkan pengguna untuk lebih produktif baik itu dalam menjalankan bisnis atau menjalankan aktifitas produktif lainnya.Contoh dari software ini adalah software pengolah huruf (Ms Words), Software pengatur database, software presentasi dan beberapa software lainnya.
6. Operating sistem
Software yang merupakan sumber dari software lainnya yang dapat mengijinkan software lainnya untuk berjalan.Contoh dari software operating sistem ini adalah Window Vista, Mac OS X dan Linux.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar